Identitas Blog yang Solid

setiap blog memiliki identitas yang khusus yang membedakannya dengan blog yang lain. dengan identitas itu setiap blog memiliki keunikan sehingga menarik perhatian pengunjung walau dia memiliki konten yang hampir sama dengan blog-blog yang lain.

identitas blog terdiri dari beberapa unsur. apa saja unsur-unsur identitas blog tersebut?

ini dia:

1). url.

url singkatan dari uniform resource locator, yaitu penanda lokasi sumber yang seragam. singkatnya alamat blog tersebut. url terdiri dari dua domain, yaitu nama blog dan top domain. contohnya: radityadika.com. kalau sebuah blog gratisan menumpang di server blog penyedia layanan blog gratis, maka domainnya tiga. pertama nama blog, kedua servernya dan ketiga, top domainnya. contohnya blog ini: technifiles.wordpress.com.

2). blog title

blog title adalah judul blog atau nama blog. judul ini misalnya electricfiles. blog title ini yang menjadi nama blog, disebutkan oleh orang-orang dan didata oleh search engine seperti google, yahoo dll.

3). blog description

blog description yaitu kata-kata yang menggambarkan seperti apa isi dari blog tersebut. dalam versi bahasa indonesia blog decsription disebut slogan atau tag line. misalnya blog ini menggunakan blog description “file-file ilmu pengetahuan digital”. yang dimaksud ilmu pengetahuan digital adalah IT, blogging, komputer, programming, dll. mungkin seharusnya  menggunakan nama digitalfiles atapi ternyata nama itu sudah menjadi domain blog orang lain, oleh karena itu harus menggunakan nama yang lain. jadilah nama electricfiles. kalau nama “electricfiles”mungkin harusnya berisi elektronika kali ya?

4). email

email tidak banyak terlihat di dalam email, bahkan dia banyak yang disembunyikan. tujuannya agar menjaga keamanan, supaya blog dan email tidak mudah dibajak lalu dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan yang tidak baik. meskipun begitu sebaiknya email dapat diperlihatkan untuk sarana komunikasi via email, juga supaya mudah mencari akun di sosial media.

5). post

posting adalah tulisan yang ada di dalam blog. posting baik judul maupun isinya dapat menampilkan dan menggambarkan isi blog beserta pikiran bloggernya. posting dapat menunjukkan gambaran kasar tujuan dari blog tersebut, misalnya berbagi informasi seputar makanan, tanaman-tanaman, sains, teknologi, agama dsb. posting memiliki tiga aspek, yaitu judul, isi dan kategori.

nah, sekarang bagaimana caranya membuat unsur-unsur identitas blog di atas menjadi solid?

1). menjadikan semuanya satu atau sama. misalnya url, blog title dan emailnya sama. hal itu akan memudahkan dalam mengingat identitas blog. kadang kalau alamat blog berbeda dengan nama blognya hal itu akan sulit untuk diingat dan dikenali.

2). menjadikan semua unsur identitas tersebut mengandung kata kunci atau ide tertentu yang menggambarkan isi blog. hal ini berkaitan dengan topik konten blog tersebut. bagi blogger pribadi hal ini mungkin tidak diperhatikan karena mereka ngeblog dengan tujuan untuk bebas. jadi mereka mau menulis apa saja. mereka menulis topik apa saja. sedangkan blogger bisnis pasti sudah memikirkan fokus dan topik khusus konten mereka. meskipun begitu bukan berarti kata kunci dan konten tidak penting dan tidak bisa dibuat. untuk blogger pribadi, tulis saja “blog pribadi”, “diary”, “renungan”, “pemikiran”, “kehidupan” dan sebagainya. dengan cara begitu konten dan blog mereka dapat diindeks dan disusun oleh search engine kemudian dapat diikutsertakan dalam program SEO sehingga mengundang pengunjung, pembaca dan komentar. bukankah siapapun blogger mengharapkan pembaca, pengunjung dan komentator yang baik?

3). menulis konten yang sejenis. ini untuk mendukung blog yang solid. jadi kalau menulis antar posting tidak mengandung tema yang terlalu jauh atau tidak nyambung. misalnya kemarin menulis posting kedokteran, lalu hari ini menulis posting tentang tambal ban, atau reparasi mesin atau pakan ternak. blog pribadi bisa saja bebas seperti itu cuma sebaiknya diberikan penghubung. misalnya kemarin berobat ke dokter karena sakit lalu konsultasi kesehatan sehingga mendapatkan ilmu kedokteran, kemudian hari ini di perjalanan ke suatu tempat ban bocor lalu diperbaiki di tambal ban. jadi ada penghubungnya, yaitu kehidupan sehari-hari.

6). menyisipkan kategori dan tag yang mengandung kata kunci dan topik di dalam posting. kalau menulis posting jangan hanya menulis judul dan isinya saja, tapi tentukan juga kategorinya. buatlah kategori-kategori untuk setiap posting lalu masukkan posting ke kategori-kategori tersebut. kalau ada beberapa posting membahas topik yang sama — blogging misalnya — maka masukkan ke dalam kategori yang sama. begitu juga dengan tag. saat ini tag menjadi alat pengelompokan dan pencarian data di internet. kategori dan tag berguna untuk mengelompokkan posting-posting blog sehingga mudah ditata. nantinya akan mudah dicari dan dipergunakan.

hanya sedikit saran yang dituliskan di sini. jika ada saran dan ide untuk membuat identitas blog yang lebih solid kami terima sarannya. mari kita pelajari dan terapkan bersama untuk ngeblog yang lebih baik.

Ditulis dalam blogging

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Februari 2010
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
Kategori
Komentar Terbaru
Follow Cyberreferences on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: