Pentingnya menjaga url blog yang konsisten

Kalau kita punya blog kita pasti punya URL. URL itu alamat blog yang menjadi tujuan mesin pencari dan browser ketika mengunjungi blog kita. URL blog sama seperti website, berisi http://www.nama-blog-kita.domain-blog . contohnya nama blog ini evengarden di bawah server wordpress dan top domainnya com, jadi URL blog ini http://www.cyberreferences.wordpress.com .

Kalau kita mengelola blog dan mempromosikannya sebaiknya kita menjaga URL dengan konsisten. Jangan gonta-ganti URL, nanti mesin pencari susah mencari. Teman-teman bingung gak tahu alamat kita. Trafik jadinya nol. Kita sendiri kan yang rugi?

Dulu aku sering ganti-ganti blog sebab aku nggak merasa ngeh sama domain dan posting-postingnya. Blog-blogku jadi berumur pendek. Tak terhitung berapa banyak blog yang kubuat lalu kuhapus karena trafik nol. Rugi banget.

Kembali ke URL blog, Url blog perlu kita jaga karena kita akan sering menggunakannya dalam promosi blog . contohnya:

– Submit blog ke mesin pencari.

– Submit blog ke direktori

– Submit blog ke social network seperti facebook, twitter dan lain-lain.

– Submit blog ke social bookmark

– Blogwalking

– Memasang link antar posting

– Membuat navigasi dan sitemap

– Membuat signature di email.

– Posting di forum.

– Sumber acuan feed

– Promosi di kartu nama.

– Tukar link

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari menjaga blog. Sekali blog mempunyai URL dan promosi, URL itu akan tertaut. Kalau URL dijaga semua teknik promosi blog di atas bias dipakai, bertahan dan dapat terus dikembangkan. Sebaliknya, jika URL diganti sekali saja, semua teknik di atas tak erpakai, malah link-link yang sebelumnya susah payah dibangun akan terhapus, hancur, rusak karena salah alamat dan tak ada tujuan.

Aku menarik pelajaran ini dari pengalaman yang menyakitkan. Tak ada trafik, tak ada komentar, sepi rasanya. Aku berikan kisah ini agar teman-teman mendapat pengetahuan tanpa ikut merasakan sakitnya. Cukup aku saja yang rugi. Teman-teman ambil untungnya aja.

pertahankanlah agar URL blog tetap sama. bertahanlah dalam waktu panjang. misalnya minimal 3 bulan, 6 bulan dan seterusnya. kalau blog semakin lama dan semakin tua usianya dia akan makin dipercaya oleh search engine. dia tidak seperti blog baru yang gonta ganti. percayalah, blog lama pun masih bisa dicari oleh search engine. jadi akan lebih bagus.

bangga doang punya blog lama. bukan newbie nih. ya gak?

Ditulis dalam blogging

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Januari 2010
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Kategori
Komentar Terbaru
Follow Cyberreferences on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: