Perencanaan Blog

sebelum membuat blog, sebaiknya kita membuat rencana terlebih dulu. tujuannya agar blog menjadi rapi, tertata, terstruktur dan fokus. kalau sudah terlanjur buat kita tetap sebaiknya membuat rencana lalu menata kembali blog agar lebih terstruktur. kalau blog kita sudah jadi kita tinggal menata blog tersebut saja.

perencanaan blog meliputi nama blog, url, deskripsi, username, email, konten (isi blog/ posting), topik, jadwal posting, batasan dan tujuan. perencanaan blog sebagai berikut:

a. tentukan tujuan blog kita! kita ingin blog pribadi, sains, sosial atau bisnis. kita ingin curhat, berbagi ide-ide atau cari duit? tanyakan pada hati kita sendiri: sebenarnya untuk apa kita ngeblog? apakah cuma untuk menulis, curhat, berbagi ide, dakwah, sosialisasi, media informasi dengan masyarakat, atau untuk cari uang? ingatlah, tujuan dan niat menentukan perjalanan dan akhir dari blog kita.

b. tentukan topik apa yang akan kita tulis. bisa topik yang kita suka, topik yang dicari banyak orang atau topik yang menghasilkan banyak uang. kalau kita menulis topik yang kita suka, kita bisa menemukan banyak ide, banyak semangat dan kesukaan kita tapi bisa jadi pengunjungnya sedikit, terutama kalau kesukaan kita berbeda atau nyeleneh. kalau kesukaan kita sama dengan orang banyak beruntunglah kita. sekarang kalau kesukaan orang beda dengan kita dan kita pilih menulis kesukaan mereka, pengunjung kita bisa saja banyak, tapi itu berarti mengorbankan kesukaan kita. kita harus memaksakan diri untuk semangat menulis. motivasi kita bisa saja bukan menulisnya tapi yang lain seperti bayaran uang, untuk bisnis, untuk orang lain, simpati, empati dan lain. kalau kita menulis topik tentang uang, ya orang lain banyak yang suka, tapi hati-hati dengan iklan. banyak orang yang tidak suka iklan sehingga mereka meninggalkan blog kita. tiga pilihan di atas bukan salah satu. kita bisa ambil dua atau semua sekaligus. jadi tak perlu khawatir.

c. tentukan bahwa blog kita fokus pada satu atau beberapa topik tertentu yang berkaitan atau memencar ke banyak topik sehingga berisi beragam tema. kalau kita pilih fokus pada satu topik khusus search engine akan menyukainya. kita bisa ikut program SEO untuk meningkatkan pengunjung kita. kita bisa konsentrasi pada satu bidang. sayangnya kalau kita lagi punya ide lain kita jadi harus menulis di blog lain. akibatnya kita jadi perlu blog lain. kita jadi harus punya blog lain.

kalau kita menulis pada banyak topik, tulisan kita akan jadi bermacam-macam, warna-warni dan tidak membosankan. kita bisa menuliskan ide apapun di sana. kita jadi hanya perlu merawat satu blog saja. ini lebih mudah daripada merawat banyak blog. tapi sayangnya search engine tidak suka hal itu. kita jadi tidak bisa ikut SEO untuk meningkatkan pengunjung blog kita.

d. tentukan jadwal posting. apakah setiap hari? beberapa hari sekali? atau seminggu sekali? semakin sering update semakin bagus tapi terlalu sering juga bisa membebani kita juga. jadi pastikan kemampuan kita untuk bisa update. dan tambahan lagi kalau kita sudah membuat jadwal kita harus komitmen mematuhi jadwal yang telah kita buat. kita harus disiplin diri dan membuat prioritas mengorbankan yang lain demi blog jika blog merupakan hal yang penting dalam hidup kita.

sebaiknya jadwal blog tidak terlalu dekat sehingga kita punya waktu untuk cari ide, menulis, mengedit dan posting. kita juga perlu waktu untuk blogwalking, submit ke sosmed dan lain-lain.  tapi sebaiknya jangan terlalu lama. nanti blog kelihatan gak update.

e. setelah menentukan hal di atas, buat nama blog yang sesuai topik tapi unik juga khas kita. nama url juga sebaiknya sama. username, email pun sebaiknya sama. nanti waktu promosi  blog nama-nama di sosmed sebaiknya juga sama. kalau semua sama, semua akun kita akan saling terhubung. pembaca akan ingat nama, url, username dan email kita sekaligus. hal itu akan membuat kita mudah dikenali dan mudah dicocokkan satu sama lain.

semua keterangan di atas bisa dibuat tabel berikut:
rencana blog sederhana

Jenis blogpersonalBisnis
topikumumKhusus
tujuancurhatCari uang
jadwalbebastertentu
jenis-jenis blog

contoh rencana di atas hanya penyederhanaan dan tidak mencakup seluruh rencana. seorang blogger personal bisa saja punya blog khusus dengan jadwal tertentu dan niat dua-duanya.

setelah rencana blog selesai kita harus ingat rencana itu terus. kalau perlu kita tulis, tempelkan di kamar, di komputer/ laptop atau di halaman blog sekalian untuk menerangkan kepada pembaca tentang apa blog kita, tujuan dan metodenya. jika kita melihat rencana itu, kita bisa terus semangat dan tetap terjaga di jalan kita. misalnya jangan sampai blog bisnis kecampuran keluh kisah pribadi dan tulisan yang tidak ada hubungannya dengan topik blog.

blog pribadi sifatnya memang tidak menghasilkan keuntungan materi, tapi jika diniatkan untuk berbagi informasi dan inspirasi dia juga bisa membawa manfaat dan pengaruh bagi banyak orang. oleh karena itu dia berharga juga.

dua tipe di atas adalah model umum. model khususnya bisa sangat banyak mengikuti topiknya seperti blog kesehatan, otomotif, entertainment, film, lagu, buku dan lain-lain. blog bisa berkembang menjadi banyak hal.

rencanaku sudah jadi. sekarang apa rencana kamu?

Ditulis dalam blogging

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Januari 2010
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Kategori
Komentar Terbaru
Follow Cyberreferences on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: